Berat Badan Turun Saat Menyusui, Ini Penyebabnya!

Berat Badan Turun Saat Menyusui, Ini Penyebabnya!,- Pada saat masa kehamilan berat badan ibu akan bertambah dan ibu akan terlihat lebih gemuk. Hal itu menjadi salah satu bentuk kekhawatiran ibu, karena bentuk tubuhnya yang tak lagi seperti sebelum kehamilan. Namun sebenarnya ibu tak perlu khawatir, karena berat badan akan turun ketika ibu menyusui.

Berat Badan Turun Saat Menyusui, Ini Penyebabnya!

Berat Badan Turun Saat Menyusui, Ini Penyebabnya!Masih banyak wanita yang tidak percaya menyusui bisa menurunkan berat badan, namun sejumlah wanita bisa membuktikannya. Model Alessandra Ambrosio contohnya, setelah melahirkan anak keduanya pada Mei 2012, bobot tubuhnya menyusut seperti semula. Rahasianya yaitu pilates, surfing dan menyusui.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menyusui dapat membantu menurunkan berat badan. Seperti pada penelitian yang dilakukan oleh Jennifer L Baker dan kawan-kawannya (2008), penelitian tersebut menunjukkan bahwa menyusui berhubungan dengan berat badan setelah melahirkan yang lebih rendah pada semua kategori BMI yang dimiliki ibu sebelum kehamilan.

Penelitian lain yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition dan melibatkan 25000 ibu juga menunjukkan bahwa menyusui eksklusif selama 6 bulan dapat menurunkan berat badan yang diperoleh selama kehamilan. Penelitian ini juga memperkirakan bahwa ibu yang menyusui mempertahankan berat badan setelah melahirkan hanya kurang dari 2 kg dibandingkan dengan ibu yang tidak menyusui selama 6 bulan setelah melahirkan.

Pada saat menyusui, bayi akan mengambil kalori secara langsung dari tubuh ibu. Kalori yang tersimpan di dalam tubuh ibu akan diberikan langsung pada bayi melalui ASI, semakin gemuk bayi berat badan pun akan semakin berkurang. Kalau ibu memberikan ASI pada bayi dalam waktu 4-6 bulan berat badan akan turun meski sangat perlahan, namun proses ini tentunya lebih sehat dari pada mengkonsumsi obat pelangsing.

Menyusui tidak hanya membantu Anda menghilangkan berat badan tambahan, tetapi juga membantu Anda menurunkan berat badan sesaat setelah melahirkan. Menyusui sesaat setelah melahirkan dapat merangsang kontraksi pada rahim Anda, sehingga rahim Anda lebih cepat menyusut kembali ke ukuran sebelum Anda hamil. Setidaknya 6 minggu setelah melahirkan, rahim Anda akan kembali ke ukuran seperti semula jika Anda menyusui bayi Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Obat Penggemuk Badan Badan Untuk Ibu Menyusui

Berat Badan Turun Saat Menyusui, Ini Penyebabnya!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s